.

Instalasi Pentaho BI di Windows

Untuk melakukan instalasi pentaho BI, yang perlu dilakukan pertama kali adalah membuat user baru di linux.
Setelah membuat user baru, kemudian buatlah user sama baru agar modifikasi di server bisa kita mapping ke client windows kita.

Apabila mapping sudah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah mengekstrak pentaho BI yang sudah kita download. Untuk melakukan ekstrak file bisa menggunakan aplikasi winrar ataupun 7zip, atau aplikasi sejenisnya.

Tunggu untuk beberapa saat. Apabila di jendela windows sudah terlihat dua folder seperti berikut :

Ini bisa di artikan bahwa process ekstrak sudah berhasil.
Untuk menjalankan Pentaho BI server, kita dapat masuk ke console OS kemudian jalankan “start-pentaho.sh” apabila menggunakan linux atau “start-pentaho.bat” apabila menggunakan windows.

Untuk menghentikan Pentaho BI server yang sedang bejalan, bisa menjalankan file “stop-pentaho.sh” apabila menggunakan OS Linux atau “stop-pentaho.bat” apabila menggunakan OS windows.

About Indo Pentaho:

Blog indo pentaho ini memberikan informasi mengenai tutorial dan tips seputar pengembangan datawarehouse menggunakan pentaho dan diperuntukkan bagi anda yang menggeluti dunia datawarehouse, business intelligence, data integration, serta data analytic. Ada tips dan tutorial panduan step by step mengenai pengembangan datawarehouse menggunakan pentaho. Kami akan terus berusaha mengetengahkan informasi dan tutorial terupdate seputar pentaho yang kami dapatkan dari berbagai sumber ataupun berdasarkan pengalaman dalam dunia datawarehouse, dan akan disajikan di indo pentaho ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsung mengerti dan dapat mempraktekkan nya langsung.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Untuk mendapatkan update berita dan artikel terbaru yang anda inginkan, silahkan masukkan email anda.

0 Response to "Instalasi Pentaho BI di Windows"

Post a Comment