.

Instalasi Report Dengan Pentaho Report Designer

Untuk menginstall pentaho reporting, hal yang kita lakukan pertama kali adalah mendownload Pentaho Report Designer. Anda dapat menuju ke alamat berikut : http://reporting.pentaho.org, dan ikuti link untuk mendownload Report Designer, yang berada pada bagian Report Creation Tools. Ikuti link yang ada untuk mendownload versi terakhir dari installer.

Saat mendownload Pentaho Report Designer, ada tiga paket yang available. Dua paket pertama adalah prd-ce-*.zip dan prd-ce-*.tar.gz, yang berisi distribusi binary di dalam bentuk archive / arsip. Paket yang ke tiga yaitu prd-ce-src-*.zip, yang merupakan source code dari Pentaho Report Designer. Apabila diperlukan modifikasi, dan apabila anda ingin membangun sendiri proyek anda, atau jika anda ingin melihat source, anda bisa mendownload distribusi source. Sekali anda mendownload distribusi binary dari Report Designer, buatlah directory pada mesin anda dan unzip file paket ke directory tersebut. Sekali isi file di extract, maka kita akan melihat report-designer.bat. Double klik untuk mengaktifkan Pentaho Report Designer. Anda dapat melihat welcome screen dari Report Designer, sebagaimana terlihat berikut :



Sampai di sini, ada kemungkinan anda ingin membuat shortcut di desktop anda ataupun di start menu. Cara yang sederhana yaitu klik kanan pada report-designer.bat dan pilih Create Shortcut. Ganti nama shortcut dengan nama pilihan anda, kemudian drag shortcut ke start menu atau desktop.

Anda sudah sukses menginstall Pentaho Report Desaigner! Pentaho Report Designer hadir dengan core library Pentaho Reporting Engine, jadi saat ini anda memiliki komponen-komponen reporting yang diperlukan untuk membuat sebuah report / laporan. Apabila ada mengalami kesulitan pada saat menginstall Pentaho Report Designer, ada beberapa cara troubleshooting. Issue yang paling banyak terjadi berhubungan dengan java virtual machine dan SDK yang terinstall di windows. report-designer.bat menggunakan perintah dan environment java yang bisa ditemukan di system path. Bagaimanapun anda perlu memverifikasi bahwa system path anda sudah dikonfigurasi secara benar. Anda dapat melakukannya dengan cara mengetikkan java –version melalui command windows, yang merupakan perintah untuk melihat versi java yang digunakan.

@2012, sumadi eko putra

About Indo Pentaho:

Blog indo pentaho ini memberikan informasi mengenai tutorial dan tips seputar pengembangan datawarehouse menggunakan pentaho dan diperuntukkan bagi anda yang menggeluti dunia datawarehouse, business intelligence, data integration, serta data analytic. Ada tips dan tutorial panduan step by step mengenai pengembangan datawarehouse menggunakan pentaho. Kami akan terus berusaha mengetengahkan informasi dan tutorial terupdate seputar pentaho yang kami dapatkan dari berbagai sumber ataupun berdasarkan pengalaman dalam dunia datawarehouse, dan akan disajikan di indo pentaho ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsung mengerti dan dapat mempraktekkan nya langsung.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Untuk mendapatkan update berita dan artikel terbaru yang anda inginkan, silahkan masukkan email anda.

0 Response to "Instalasi Report Dengan Pentaho Report Designer"

Post a Comment