.

Mengenal Pentaho BI Suite

Istilah yang akan anda ketahui pada artikel kali ini adalah:
  • Pentaho Analisys.
  • Pentaho Reporting.
  • Pentaho Data Mining.
  • Pentaho Dashboard
  • Pentaho Data Integration

Pentaho BI Suite

Pentaho Business Intelligence Suite adalah kumpulan perangkat lunak (software) aplikasi yang dimaksudkan untuk  menciptakan dan memberikan solusi untuk pengambilan keputusan. Area fungsi-fungsi utama yang terdapat pada Pentaho BI Suite adalah:
  1. Pentaho Analysis. Mesin analisis melayani analisa secara multidimensi. Mesin analysis ini disediakan oleh Mondrian OLAP server dan JPivot library untuk navigasi dan mengeksplorasi.
  2. Pentaho Reporting. Reporting engine memungkinkan kita untuk merancang, membuat, dan mendistribusikan laporan dalam berbagai format yang sudah dikenal (HTML, PDF, dan sebagainya) dari berbagai sumber. Laporan yang dibuat dalam Pentaho didasarkan terutama di library JFreeReport, namun juga memungkinkan untuk mengintegrasikan laporan yang dibuat dengan library pelaporan eksternal seperti Jasper Laporan atau Birt misalnya.
  3. Pentaho Data Mining. Data mining menjalankan data melalui algoritma untuk memahami bisnis dan melakukan analisis prediktif. Penggunaan data mining dimungkinkan berkat adanya Weka Project.
  4. Pentaho Dashboard. Dashboard digunakan untuk memonitor dan menganalisa Key Performance Indikator (KPI). Satu set alat bantu turut dimasukkan ke BI Suite dalam versi terbaru yang memungkinkan pengguna untuk membuat dashboard yang menarik, termasuk grafik, laporan, analisis pandangan, dan konten Pentaho lain, tanpa banyak usaha.
  5. Pentaho Data Integration. Pentaho Data Integration digunakan untuk mengintegrasikan informasi yang tersebar dari berbagai sumber (aplikasi, database, file) dan membuat suatu informasi yang terintegrasi yang tersedia untuk pengguna akhir (end user). Pentaho Data Integration merupakan tool yang menjadi perhatian utama, adalah mesin yang menyediakan fungsi integrasi data tersebut.
Semua fungsi tersebut di atas dapat digunakan secara mandiri serta terintegrasi. Dalam rangka untuk menjalankan analisis, laporan, dan sebagainya yang terintegrasi sebagai suite, Anda harus menggunakan Platform BI Pentaho Enterprise Edition. Platform ini merupakan solution engine, dan menawarkan layanan penting seperti otentikasi, penjadwalan, keamanan, dan layanan web.

About Indo Pentaho:

Blog indo pentaho ini memberikan informasi mengenai tutorial dan tips seputar pengembangan datawarehouse menggunakan pentaho dan diperuntukkan bagi anda yang menggeluti dunia datawarehouse, business intelligence, data integration, serta data analytic. Ada tips dan tutorial panduan step by step mengenai pengembangan datawarehouse menggunakan pentaho. Kami akan terus berusaha mengetengahkan informasi dan tutorial terupdate seputar pentaho yang kami dapatkan dari berbagai sumber ataupun berdasarkan pengalaman dalam dunia datawarehouse, dan akan disajikan di indo pentaho ini dengan bahasa yang lugas dan mudah, supaya anda bisa langsung mengerti dan dapat mempraktekkan nya langsung.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus

Untuk mendapatkan update berita dan artikel terbaru yang anda inginkan, silahkan masukkan email anda.

0 Response to "Mengenal Pentaho BI Suite"

Post a Comment